Memperluas Area Magang BSA, FUDA MoA dengan LPMQ

Rabu, 21 Desember 2022

Jakarta, fuda.uinbanten.ac.id: Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA) UIN SMH Banten melakukan kunjungan ke Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an (LPMQ), Badan Litbang dan Pelatihan Kementerian Agama RI di kantor Bayt al-Qur’an yang berkedudukan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Rombongan dari Fakultas Ushuluddin dan Adab terdiri dari unsur pimpinan, yaitu Dekan (Dr. Moh. Hudaeri, M.Ag), Wakil Dekan II (Dr. Eva Syarifah Wardah M.Hum), kaprodi Bahasa dan Sastra Arab (Dr. H. Lalu Turjiman Ahmad, M.A.), Sekprodi BSA (Yetti Hasnah, M.Hum.) Kaprodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (Dr. H Endang Saeful Anwar, Lc., M.A), Kabag Tata Usaha (Ahmad Rifa’i, M.SI.), Arsiparis (Hj.Masjahroniah, S.E.), Dosen BSA (Dadang Ismatullah, M.A.), tenaga kependidikan, dan 35 orang mahasiswa dari Prodi BSA.

Kunjungan ke LPMQ merupakan rangkaian dari Praktikum Profesi Lapangan bagi mahasiswa BSA semester 7, yang pada tahun 2022 mengusung tema: “Eksplorasi Profesi Alumni BSA”. Dalam sambutannya, Dekan FUDA menyampaikan bahwa, “Selama ini kita mengenal LPMQ melalui kiprahnya dalam pentashihan mushaf dan juga penerjemahannya. Wilayah kerja ini sesuai dengan ranah akademik beberapa prodi di FUDA, khususnya IAT dan BSA. Karenanya, kami berkunjung ke sini untuk dapat melihat langsung lembaganya, dengan harapan nantinya dapat melibatkan mahasiswa di dalamnya sebagai salah satu amanat dari Kurikulum Kampus Merdeka yang memberikan kebebasan mahasiswa untuk belajar di luar kampus.”

Kunjungan rombongan FUDA disambut hangat oleh pihak LPMQ. Dalam sambutannya, Dr. Reflita selaku representatif LPMQ menyampaikan kesiapannya untuk menerima mahasiswa FUDA yang magang ataupun kegiatan sejenisnya, dan siap melibatkan Dosen UIN SMH Banten dalam beberapa kegiatan LPMQ ke depan, termasuk bertukar tenaga ahli di bidang terkait. Penandatanganan MoA kemudian diikuti dengan menggelar seminar yang menghadirkan Dr. Abdul Hakim dan Dr. Reflita sebagai narasumber. Masing-masing mempresentasikan tentang kegiatan pentashihan dan pengkajian terhadap al-Qur’an di LPMQ.

Dengan kerja sama ini, mahasiswa dari Prodi BSA, IAT, ataupun Prodi terkait lainnya di FUDA, dapat melakukan Praktikum Profesi Lapangan maupun magang di lembaga bergengsi di bawah naungan Kemenag tersebut. “Sebelum-sebelumnya, mahasiswa yang magang ataupun praktikum, kami libatkan dalam pelatihan, pentashihan, dan juga sidang lajnah dengan tanggungan penuh dari lembaga kami. Ini adalah bagian dari wujud khidmah terhadap al-Qur’an,” Papar Dr. Abdul Hakim dalam presentasinya yang diikuti dengan penuh antusias oleh para audience yang hadir.

Kunjungan mahasiswa ini merupakan upaya Kaprodi BSA untuk meningkatkan pengalaman akademik mahasiswa BSA dalam bidang pentashihan al-Qur’an. Kaprodi BSA yang juga alumni S3 Mesir dengan yudisium mumtaz bi martabati syarof ula menuturkan; “Pentashihan al-Qur’an memerlukan kelimuwan, selain ilmu rosmul mushaf, yaitu bahasa arab. Di sini lah peran alumni BSA dalam berkhidmah pada agamanya”. (ahmad)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top