Asah Keterampilan Mahasiswa, Dekan FUDA Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal (PESANJU) Bagi mahasiswa

FUDA | Jumat, 06/10/2023 – Guna meningkatkan kualitas mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Adab dalam bidang menulis karya ilmiah, Dekan FUDA menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal (PESANJU) Bagi mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 05 – Jumat, 06 Oktober 2023, di ruang Sidang FUDA lantai 2, kampus 2 UIN SMH Banten.

PESANJU diikuti oleh 30 mahasiswa FUDA yang dinyatakan lolos seleksi dan berhak menjadi peserta. Setiap peserta mewakili program studi masing-masing, mulai dari semester 3 sampai semester 7. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa FUDA dalam menulis artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah. Hal ini juga merupakan tuntutan yang harus dipenuhi bagi para akemisi.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. H. Aang Saeful Milah, M.A., mewakili Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab untuk membuka kegiatan PESANJU. Beliau menyampaikan bahwa PESANJU merupakan langkah awal untuk mendorong mahasiswa FUDA mampu tampil dan bergelut dalam menulis artikel ilmiah dan terbit di jurnal.

“Para peserta yang saya banggakan, era saat ini kita dituntut untuk menampilkan karya ilmiah yang dapat dinikmati oleh orang lain, bukan hanya dalam lingkup perguruan tinggi saja, tetapi seluruh dunia. Maka dari itu, kegiatan PESANJU ini menaruh harapan besar kepada para peserta semuanya yang terpilih untuk serius melatih keterampilan menulis artikel ilmiah, dan kemudian dapat dipublikasikan pada Jurnal.” Terang Dr. H. Aang.

Narasumber kegiatan PESANJU berasal dari luar kementerian Agama, yaitu Dr. H. Nurul Huda, M.A, merupakan Ketua Bidang Penelitian FKPT Kab. Lebak. Beliau menyampaikan materi tentang penulisan artikel ilmiah berstandar Jurnal mulai dari dasar sampai mampu terbit di jurnal ilmiah. Beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk terus semangat menulis.

“Menjadi Seorang Peneliti, terkhususnya kalian sebagai Mahasiswa/i generasi muda harus memiliki semangat yang tinggi. Karena jika kalian ingin terkenang di dunia ini, salah satu cara adalah dengan menulis dan menghasilkan karya yang bermanfaat. Karena tulisan akan tetap terkenang, walaupun Raganya terkubur dalam tanah.” Ucap Dr. H. Nurul Huda, M.A.

Di akhir sesi, Dr. H. Nurul Huda, M.A. juga memberikan doorprize buku kepada peserta yang aktif. Hal ini membuat para peserta PESANJU antusias mengikuti setiap rangkaian materi yang disampaikan. Kegiatan PESANJU juga diisi oleh dosen-dosen yang telah mengikuti Academic Writing di Yogyakarta. Para dosen tersebut adalah Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., Dr. Hj. Eva Syarifah Wardah, M.Hum., Dr. H. Aang Saeful Milah, M.A., Dr. H. Endang Saeful Anwar, Lc., M.A., Dr. H. Masrukhin Muhsin, Lc., M.A., Dr. H. Badrudin, M.Ag., Dr. H. Syafiin Mansyur, M.A., dan Dr. Mohamad Shoheh, M.A. Mereka berbagi tips dan motivasi tentang bagaimana menulis artikel jurnal.

Dekan FUDA, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., menutup langsung kegiatan PESANJU pada hari Jumat, 06 Oktober 2023. Beliau menyampaikan dalam sambutannya, bahwa generasi muda saat ini adalah penerus keilmuan untuk masa depan.

“Kita membutuhkan Re-Generasi untuk kemajuan dalam keilmuan, dengan ini kita membutuhkan kalian (mahasiswa/i) untuk melanjutkan dan menghidupkan kembali Keilmuan ini dengan mempublikasikan penelitian yang kalian kaji. Menjadi Seorang Peneliti harus memiliki pengetahuan yang luas, karena Keilmuan yang dikaji akan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi orang banyak. ” Ucap Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag.

Kegiatan berjalan lancar dan ditutup dengan foto bersama. Semoga mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Adab dapat menjadi akademisi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. [Rohayati]

 

Galeri Kegiatan

Scroll to Top