Mahasiswa dan Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Berkunjung ke Kantor Setkab untuk Praktikum Perkuliahan Lapangan (PPL)

Jakarta, 25 September 2022
Rombongan mahasiswa dan dosen dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan kegiatan kunjungan sehari ke Kantor Sekretariat Kabinet (Setkab) di Jakarta, yang membawahi antara lain Asisten Deputi Bidang Naskah dan Penerjemahan, dan juga Pusat Pembinaan dan Penerjemahan. Kunjungan ini adalah rangkaian dari kegiatan Praktikum Perkuliahan Lapangan (PPL) yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang penerjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Kegiatan PPL ini diikuti oleh 40 orang mahasiswa dan dipandu oleh dosen pembimbing dari Program Sudi BSA, antara lain Dr. Hj. Ida Nursida, M.A., Mohamad Rohman, M.Ag., Yetti Hasnah, M.Hum, dan Dr. Lalu Turjiman Ahmad, M.A. Kunjungan ke Setkab bertujuan untuk memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar dan berinteraksi langsung dengan tim penerjemah yang ahli dalam menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Selain pembimbing, mahasiswa juga didampingi oleh dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA), Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., bersama para wakil dekan Dr. H. Aang Saeful Milah, M.A. dan Dr. Hj. Eva Syarifah Wardah, M.Hum. bersama beberapa staf.

Dalam pengantarnya, dekan FUDA menyampaikan bahwa “kegiatan ini merupakan bagian yang integral dari pembelajaran kampus”, seraya berharap ke depan FUDA dapat menitipkan mahasiswa BSA untuk melaksanakan magang di Setkab, sebagai bentuk implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang baru saja diluncurkan di lingkungan perguruan tinggi, di mana memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa di luar kampus selama satu sampai dua semester yang dapat diakui nilai satuan kredit semesternya.

Dalam sambutannya yang hangat, Asisten Deputi Bidang Naskah dan Penerjemahan Yuyu Mulyani, S.I.P., M.A. menyatakan kesediaan untuk menerima mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan dunia penerjemahan, termasuk kegiatan magang. Ini memberikan angin segar bagi mahasiswa BSA untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia penerjemahan di lembaga pemerintah yang membawahi karir fungsional penerjemah itu.

Selama di Setkab, rombongan mahasiswa dan dosen mengikuti sesi pelatihan yang diselenggarakan oleh tim penerjemah Setkab. Para mahasiswa berpartisipasi aktif dalam sesi pelatihan dan mendapatkan wawasan mendalam tentang teknik-teknik penerjemahan yang efektif, terutama berkenaan dengan naskah-naskah kenegaraan. Selain itu, mereka sangat antusias mendengarkan sharing pengalaman berharga dalam paparan materi yang disampaikan oleh staf ahli penerjemah Setkab, Syarif Hidayatullah, S.S., M.A.L.L.C, alumni Université de Tunis yang malang-melintang dalam dunia penerjemahan, baik penerjemahan tertulis maupun penerjemahan langsung (faury).

Kunjungan ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan berbagai aspek penting terkait dengan penerjemahan, antara lain wawasan dan peluang karir di bidang penerjemahan.

“Kegiatan PPL ini merupakan peluang yang sangat berharga bagi kami untuk memahami lebih lanjut tentang penerjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya di lingkungan pemerintahan,” ujar Uswatun Hasanah, salah mahasiswa yang menjadi peserta. “Kami sangat berterima kasih kepada kampus dan pihak Setkab yang telah mendukung kami mengikuti kegiatan ini,” sambungnya.

Dosen pembimbing Dr.Hj. Ida Nursida, M.A. menyatakan, “Sangat membanggakan melihat semangat dan antusiasme mahasiswa selama kegiatan PPL ini. Saya yakin kunjungan ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan akademik mereka di bidang penerjemahan yang menjadi salah satu profil lulusan BSA.”

Setelah menyelesaikan kunjungan, rombongan mahasiswa dan dosen kembali ke kampus dengan membawa pengalaman berharga dan pengetahuan baru tentang penerjemahan bahasa Arab-Indonesia atau sebaliknya Indonesia-Arab. Kegiatan PPL ini diharapkan dapat menjadi langkah maju bagi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam memperkaya kurikulum akademik dan memberikan perspektif yang lebih luas bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia penerjemahan yang semakin berkembang.

Kunjungan PPL ke Setkab ini adalah bukti nyata dari upaya UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam memberikan kesempatan belajar yang beragam bagi mahasiswanya. Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi perkembangan akademik mahasiswa dan prestasi jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

HR