Silatwil ITHLA’ DPW II; UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi Tuan Rumah.

Serang- Jumat 7 Juli 2023, UIN SMH Banten mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah acara Silatwil DPW II ITHLA, yang dirangkaikan dengan acara seminar dengan menghadirkan pembicara Dr. Faidullah dari UMT, mengangkat tema “URGENSI MENINGKATKAN MAHABBAH BAHASA ARAB BAGI GENERASI MUSLIM MILENIAL”

Acara tersebut bermasud untuk meningkatkan silahturahmi dan profesional kerja dalam berorganisasi Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia, khususunya wilayah Banten, DKI jakarta, dan Jawa Barat.

Acara diikuti oleh 50 orang peserta perwakilan dari beberapa institusi, antara lain STIABI ( Sekolah Tinggi Adab dan Budaya Islam ) Riyadlul Ulum Tasikmalaya, STAI Al-Hidayah Tasikmalaya, STAINI ( Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Iman) Bogor, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, STAI Dr. KHEZ. Muttaqien Purwakarta, UMT (Universitas Muhammadiyah Tangerang), IAIN Syekh Nurjati Cirebon, UIJ ( Universitas Islam Jakarta) UNIK (Universitas Islam KH Ruhiat) Cipasung Tasikmalaya.

Ketua DPW II ITHLA syabab, M Rifa Shafira Hidayat dari kampus Univ. Islam KH Ruhiat Cipasung Tasikmalaya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat. Kemudian mengenalkan ITHLA kepada para tamu undangan yang hadir terutama agenda selama 1 tahun kepengurusan di wilayah II (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat), diakhiri dengan menyampaikan segala harapan dan hal-hal baik untuk kemajuan bahasa Arab dan meminta saran kepada para ketua jurusan.

Dalam sambutan, Dr. Lalu Turjiman Ahmad, MA. menyampaikan ungkapan apresiasi atas terlaksananya acara sebagai bagian dari upaya untuk memajukan bahasa Arab yang kian hari mendapatkan tantangan besar di Indonesia. Tantangan itu antara lain mengikis kesan bahasa Arab sebagai bahasa yang sulit dipelajari, dan stigma eksklusifitas bahasa Arab yang seolah terbatas sebagai bahasa agama. Ini bisa diatasi dengan berbagai upaya, antara lain dengan menumbuhkembangkan semangat belajar bahasa Arab dengan memanfaatkan teknologi yang kian maju.
“Rangkaian kegiatan Silatwil ini merupakan bagian dari upaya itu,” tutur kaprodi BSA UIN Banten tersebut.

Hal senada disampaikan juga oleh ketua Jurusan PBA dalam sambutannya, yang diwakili oleh Ubaidillah, M.A. Ia mempertegas bahwa kita harus bisa mengimbangi kemajuan teknologi dengan menghadirkan eksistensi Bahasa Arab.

Turut Hadir, Gubernur Banten yang diwakili oleh Drs. H. M Agus Setiawan, M. Si, sebagai staff khusus Gubernur bidang kemasyarakatan, mengatakan pemerintah mendukung segala bentuk yang bernilai positif terutama dalam kemajuan pendidikan. Beliau Mengapresiasi terselenggaranya acara ini karena sudah masuk cakupan nasional dengan dihadiri oleh peserta di beberapa provinsi. Di Akhir sambutanya beliau membuka secara resmi acara Silatwil DPW II ITHLA.

Rangkaian acara Silatwil II ini berlangsung selama tiga hari, sejak pembukaan yang dirangkaikan dengan seminar di hari yang sama, kemudian beberapa perlombaan, serta Focused Group Discussion (FGD) bersama ketua HMJ PBA dan BSA se-DPW II, dan diakhiri dengan sidang pleno tengah.

[]
Derry Darmawan