Cendekiawan! Praktikum Profesi Lapangan UIN SMH Banten Prodi Bahasa dan Sastra Arab Resmi dibuka

Serang – Dalam mendidik, perlu adanya keterampilan untuk mengolah suatu minat dan bakat pada pelajar. Bukan hanya sekadar teori saja, melainkan butuh adanya Keterampilan Profesi Lapangan yang handal serta berkinerja dengan baik dan tepat.

Pada tanggal 23 September 2023, Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan pembukaan Praktikum Profesi Lapangan (PPL). Acara ini sangat mengunggah semangat para mahasiswa/i Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN SMH BANTEN dalam mengolah peluang karir menjadi penerjemah terbaik di Indonesia. Hadir dalam acara, adalah Syarief Hidayatullah, S.S., M.A.L.L.C., penerjemah Penerjemah Ahli Madya di Sekretariat Kabinet Jakarta Republik Indonesia yang bersedia menyampaiakan materi seminar orientasi PPL. Orientasi PPL kali kali ini mengundang narasumber lainnya, yaitu Dr. Iin Suryaningsih, M.A., dosen bahasa dan kesusastraan Arab Universitas Al Azhar Indonesia,namun berhalangan hadir.

“Kegiatan PPL tahun ini diharapkan menjadikan para mahasiswa/i BSA sebagai linguis yang lebih aktif dalam bidang Terapan, dengan meneliti di berbagai wilayah, khususnya pada wilayah penerjemahan, perkamusan, dan seni kaligrafi, dan pengajaran bahasa Arab,” Lalu Turjiman Ahmad, Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN SMH BANTEN.

Menjadi seorang Linguis harus memiliki sikap cekatan dan teliti, didukung dengan pengetahuan umum dan kecerdasan memahami bahasa Arab yang baik dalam lisan atau tulis.

“Seorang penerjemah harus siap melakukan tugas kapan pun ditugaskan. Dan dalam menterjemahkan secara faury, ia harus tau siapa yang harus diterjemahkan dalam bicaranya. Karenanya mahasiswa/i BSA harus bisa mempersiapkan segala bahan dan mengolah potensi kebahasaan serta mempunyai pengetahuan umum agar bisa mendapatkan peluang karir yang terbuka” Kata Syarief Hidayatullah, S.S., M.A.L.L.C.

Pernyataan secara ringkas, padat, dan jelas ini mengunggah semangat Mahasiswa/i Prodi Bahasa dan Sastra Arab untuk menjadi linguis yang cendikiawan, kritis dan selalu Siap Siaga dalam menghadapi rintangan keilmuan penerjemahan dan bidang linguistik terapan yang lainnya. Maka dari itu, kelak mahasiswa/i Prodi Bahasa dan Sastra Arab ini mampu menjadi linguis yang terbaik, dan tidak pernah menyerah dengan harapan dan asanya untuk masa depan yang gemilang.

Penulis : Rohayati