Diskusi Jumat: Strategi Ketahanan Pangan Berbasis Kearifan Lokal (Kajian Naskah Kayfiyat Tatanen)

FUDA | Jumat (04/03/2023) – Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. H. Eva Syarifah Wardah, M.Hum menjadi narasumber diskusi Jumat pada kali ini. Diskusi dilaksanakan di ruang sidang Fakultas Ushuluddin dan Adab Lt. 2, mulai pukul 08.00 WIB s.d. 11.00 WIB.

Tema yang dibahas oleh Dr. Eva adalah “Strategi Ketahanan Pangan Berbasis Kearifan Lokal : Kajian Naskah Kayfiyat Tatanen.” Tema ini sangat menarik untuk dibahas, karena pada masyarakat Banten dalam pengelolaan pertanian memiliki kitab khusus dari para leluhur. Salah satu naskah yang ditemukan adalah Naskah Kayfiyat Tatanen.

Flyer Diskusi Jumat (Dok. Bantenologi)

“Naskah Kayfiyat Tatanen berisi empat bagian pembahasan. Pertama, tata cara menanam padi. Kedua, penentuan hari baik menanam padi. Ketiga, doa-doa awal menanam padi. Dan terakhir berkaitan tentang penglaris dagangan.” Terang Dr. Eva.

Bahkan, terdapat jampi-jampi atau mantra yang digunakan dalam pengelolaan pertanian. Salah satunya adalah bacaan doa ketika menanam padi.

Niat peranti nandur

Bismillahirahmanirrahim

Niat isun nandur pari angemban

Cahaya bagus rasa penguasa cahaya

/Niat untuk menanam padi

Bismillahirrahmanirrahim

Niat saya menanam padi

Membawa cahaya indah

dari sang penguasa cahaya

Peserta diskusi yang berasal dari dosen dan mahasiswa mengikuti kegiatan dengan khidmat dan bertanya kepada narasumber tentang tema yang disampaikan. [AH]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top