Dua Mahasiswa FUDA Mengikuti Acara Pengenalan dan Metodologi Pengajaran Workshop Academic Writing di Le Dian

Serang, Kamis 08 September 2022

Hotel Le Dian – Serang. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan workshop academic writing bagi mahasiswa di Hotel Le Dian. Workshop academic writing ini membahas mengenai pengenalan dan metodologi dunia kepenulisan serta penelitian karya tulis ilmiah dalam upaya meningkatkan nilai-nilai akademisi dengan tujuan mahasiswa bisa menerbitkan jurnal bertaraf nasional dan internasional.

Acara workshop academic writing yang dilaksanakan dari jam 08:00 pagi sampai 16:30 sore diikuti oleh 30 peserta mahasiswa UIN SMH Banten dari semester 3, 5, 7 dan pasca sarjana dengan berbagai jurusan dan fakultas yang berbeda-beda. Pada acara tersebut, FUDA diwakili oleh 2 mahasiswanya; Ahmad Najid Rasikhullah (BSA, semester 7) dan M. Rama Saputra (IH, semester 5) yang terdaftar dalam surat undangan peserta academic writing.

Adapun pembicara yang mengisi dalam workshop academic writing yaitu S. Deni Ramdani ketua jurusan pendidikan vokasional teknik mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kheryadi dari UIN SMH Banten sekaligus Editor dan Reviewer Jurnal Nasional dan Internasional, dan Juhji dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Wawan Wahyudin dalam sambutannya mendukung kegiatan tersebut dan mengatakan bahwa academic writing ini menjadi bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa dalam dunia pendidikan. Kemampuan menulis karya ilmiah juga akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir di skripsi maupun thesis untuk mahasiswa Pascasarjana.

“Saya sangat mendukung acara ini, kemampuan menulis dan bahasa mahasiswa kita harus diperhatikan, apalagi yang semester akhir yang sudah mulai menggarap skripsi, semoga dengan mengikuti kegiatan ini, skripsinya bisa lebih cepat,” katanya.

Sementara itu, para pembicara workshop academic writing sependapat bahwa kemampuan menulis karya tulis ilmiah bisa membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya seperti skripsi dengan cepat, baik dan benar. Tidak hanya itu, S. Deni Ramdani mengatakan bahwa beliau berkolaborasi dengan mahasiswanya untuk menulis jurnal, sehingga mahasiswanya mendapatkan pengalaman yang berharga untuk di masa yang akan datang.

“Saya itu di kampus suka mengajak mahasiswa saya untuk ikut penelitian dan menulis jurnal,” katanya.

Abdul Muin kepala pusat pengembangan bahasa UIN SMH Banten berharap dengan diselenggarakannya workshop academic writing ini menjadikan mahasiswa bisa menghasilkan jurnal baik nasional maupun internasional.

“Dengan diselenggarakannya acara workshop academic writing ini harapannya semoga mahasiswa bisa menulis jurnal baik nasional maupun internasional yang terakreditasi, itu yang utama, karena tadi itu, pada kesempatan ini, atau pada saat ini 3 point yang saya sebutkan tadi itu biasanya akan menjadi pertimbangan yang utama ketika mengajukan beasiswa di LPDP itu. Jadi, kemampuan bahasa, kemampuan menulis sama softskill yang berkaitan dengan lembaga pendidikan yang dituju berikutnya dalam beasiswa, itu yang utama,” tuturnya.

Abdul Muin juga mengatakan mudah-mudahan workshop academic writing ini bisa bermanfaat. “Mudah-mudahan bermanfaat, kalau kita mah kan tujuannya itu, yang penting manfaat, jangan kemudian tadi itu kata pembicara, selesai materi, selesai begitu saja karena ga pernah dicoba, semoga sukses ya buat adik-adik mahasiswa semua,” ujarnya. (anr).

Scroll to Top