Ingin Unggul, FUDA Menyusun Rencana Operasional Fakultas dan Prodi

FUDA | Rabu, 03/05/2023 – Penyusunan Rencana Operasional (Renop) FUDA merupakan penjabaran dari rencana strategis dan prinsip operasional baik di tingkat Fakultas maupun Prodi. Karenanya, kegiatan ini sangat penting.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mambruk Hotel, Anyer ini, FUDA mengundang pemateri dari Dosen Untirta Serang untuk menambah wawasan dan berbagi pengalaman dalam penyusunan Renop. Dr. Imam Abu Hanifah, yang menyampaikan materi saat itu, menyampaikan bahwa Rencana Operasional (Renop) merupakan hal urgen untuk mencapai tujuan sebuah fakultas. Selain kebutuhan akreditasi, Renop juga sangat membantu dalam pembuatan keputusan pimpinan. Renop dapat meminimalisir kesalahan dalam mengambil kebijakan dan memaksimalkan hasil dari Renstra yang telah ditetapkan. Terkait dengan Renop pula, ada beberapa data penting yang harus ada sebelum penyusunan Renop, yakni ketersediaan renstra Fakultas, hasil identifikasi tujuan fakultas, sumber daya, tim yang menjalankan Renop dan anggaran.

Penyerahan Cinderamata oleh Dekan FUDA kepada Narasumber (Sumber: Media Fuda)

Dr. Imam juga memaparkan bahwa Renop merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan strategis fakultas Ushuluddin dan Adab untuk memberikan dampak positif yang menjadikan fakultas lebih unggul.

Diskusi ini berlanjut dengan sesi tanya jawab dari para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FUDA. Dalam sesi diskusi, Dekan FUDA, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., juga menyampaikan agar IKU setiap prodi dijadikan salah satu acuan dalam penyusunan Renop prodi.

Pemaparan Draft Renop FUDA (Sumber: Media Fuda)

Setelah pemaparan materi dari narasumber, berlanjut pada sesi berikutnya, yaitu perumusan draft Renop. Sesi ini dipimpin oleh Wakil Dekan I bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Sholahuddin Al Ayubi, M.A. Wadek I meminta kepada para Prodi, dalam menyusun Renop mengacu para Renstra. [HT, ESM]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top