short course mendeley zotero

MAHASISWA FUDA DIBEKALI KETERAMPILAN MANAJER REFERENSI

Serang, 24 Mei 2022.

Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyelenggarakan kegiatan “Short Course Teknis Penggunaan Aplikasi Pustaka (Mendeley dan Zotero)”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 24 Mei 2022, bertempat di Laboratorium Multimedia FUDA.

Peserta Short Course merupakan mahasiswa FUDA semester akhir (semester 8) yang sudah menyelesaikan proposal skripsi. Mahasiswa sangat antusias memasuki Laboratorium untuk memperoleh ilmu tentang teknis penggunaan aplikasi pustaka (Mendeley dan Zotero).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Dekan FUDA, Dr. Mohammad Hudaeri, M.Ag. dan didampingi oleh Wakil Dekan 3, Bapak Dr. Aang Saeful Milah, M.A. Narasumber Short Course juga turut hadir dan duduk bersama yaitu Ibu Rinna Rachmatika, S.Kom., M.Kom. beliau merupakan Dosen Universitas Pamulang.

Short Course dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, dijeda istirahat dan makan siang pada pukul 12.00 – 12.30 WIB. Ibu Rinna menyampaikan bahwa ada tiga alasan mengapa harus menggunakan aplikasi manajemen referensi (Mendeley/Zotero) yaitu Infobesity, tuntutan lembaga, dan profesi.

Ibu Rinna juga menyampaikan fungsi dari aplikasi manajemen referensi. “aplikasi menejemen referensi memiliki beberapa fungsi yaitu untuk mengumpulkan, mengatur, mengutip dan berbagi referensi kepada orang lain dengan mudah.” Jelas Ibu Rinna.

Selanjutnya, Ibu Rinna membimbing para peserta Short Course untuk menggunakan aplikasi mendeley dan Zotero mulai dari mengunduh, menginstal, input referensi ke dalam aplikasi, melakukan sitasi, dan membuat daftar pustaka secara otomatis.

Kegiatan Short Course diakhiri dengan penyampaian kesimpulan dan motivasi dari Narasumber untuk menyemangati para peserta yang sedang berjuang menyelesaikan skripsinya. Setelah kegiatan ditutup, narasumber dan peserta Short Course foto bersama (apit).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top