Mahasiswa Ilmu Hadis UIN SMH Banten Digembleng Menulis Jurnal di Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung

FUDA | Rabu, 21/06/2023 – Mahasiswa Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Adab, melaksanakan kegiatan Praktikum Profesi Lapangan (PPL) di Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung, Jawa Barat. Kegiatan PPL mahasiswa Ilmu Hadis kali ini adalah menggembleng mahasiswa IH (Ilmu Hadis) untuk cakap dalam menulis karya ilmiah dan mampu submit ke jurnal ilmiah. Selain itu, kecakapan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah juga merupakan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir kuliah, yaitu Skripsi.

Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dipilih sebagai tempat PPL IH UIN SMH Banten karena lembaga yang dipimpin oleh Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., (Dekan FU UIN SGD Bandung) ini sudah masyhur di Nusantara sebagai lembaga yang mampu mencetak mahasiswa dalam menerbitkan jurnal ilmiah.  Sudah lebih dari 1000 artikel ilmiah alumni kelas menulis terbit di berbagai jurnal. Hal ini merupakan capaian yang besar. Sehingga Kaprodi IH UIN SMH Banten, Muhammad Alif, S.Ag., M.Si., mendorong mahasiswanya untuk menjadi bagian dari alumni kelas menulis yang artikelnya dapat terbit di jurnal ilmiah.

Pembukaan Kelas Menulis di UIN SGD Bandung (Sumber: Media Fuda)

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 – Kamis, 22 Juni 2023 ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., di Aula Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung. Acara pembukaan ini dimulai pada hari Rabu, 21 Juni 2023 pukul 10.00 WIB. Turut hadir Wadek 1, Kaprodi IH, dan Sekprodi IH uin SGD Bandung. Sedangkan dari UIN SMH Banten, turut hadir Muhammad Alif, S.Ag., M.Si. (Kaprodi IH), Salim Rosyadi, M.Ag., (Sekprodi IH), Mus’idul Millah, M.Ag., (Dosen IH), Repa Hudan Lisalam, M.Ag., (Dosen IH), dan beberapa staf tata usaha FUDA, yaitu Bapak Munir, Bapak Faisal, dan Bapak Maksum.

Kaprodi IH UIN SMH Banten, Muhammad Alif, S.Ag., M.Si. menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan kelas menulis PPL mahasiswa IH. Beliau menyampaikan bahwa pihaknya sangat berharap mahasiswanya mampu submit artikel di jurnal ilmiah.

Kaprodi IH, Muhammad Alif, S.Ag., M.Si., menyampaikan sambutan (Sumber: Media Fuda)

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. yang telah menerima kedatangan kami untuk menimba ilmu menulis karya ilmiah di sini. Ya, kami ke sini sebenarnya memberanikan diri. Karena satu tujuan, yaitu mahasiswa kami mampu submit artikel ilmiah di jurnal ilmiah melalui Kelas Menulis di sini. Jujur saja, artikel-artikel pak Dekan sudah kami rekomendasikan kepada mahasiswa sebagai contoh penulisan artikel ilmiah, berbagai tips dari pak Dekan, yang kami akses di website beliau kami pelajari. Sehingga kami sangat senang sekali mendapat kesempatan menimba ilmu langsung di sini. Kami mohon bimbingannya, kepada pak dekan dan tim kelas menulis.” Ungkap Kaprodi IH dalam sambutannya.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., menyampaikan sambutan dan sekaligus memberikan wejangan motivasi kepada para peserta PPL IH UIN SMH Banten, untuk gemar menulis.

Sambutan Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU UIN SGD Bandung (Sumber: Media Fuda)

“Anak-anak ku yang bapak cintai, menulis itu adalah investasi perhatian pada kebahagiaan. Sehingga jangan jadikan menulis itu adalah sebuah kesengsaraan. Demikian pula dengan skripsi, jangan jadikan skripsi itu sebuah kesulitan. Skripsi itu adalah tanda cinta, kepada siapa? Tanda cinta kepada orang tua, yang sudah membiayai kita kuliah. Tanda cinta kepada negara, yang kuliahnya beasiswa. Jadi, anak-anakku harus menyelesaikan tugas akhir kuliah itu, salah satunya skripsi, karena sebagai tanda cinta kepada orang tua kalian semuanya.” Ungkap Dr. Wahyudin Darmalaksana.

Penyerahan Cinderamata kepada FU UIN SGD Bandung (Sumber: Media Fuda)

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Fakultas Ushuluddin dan Adab, UIN SGD Bandung. Diberikan langsung oleh Kaprodi IH UIN SMH Banten, Muhammad Alif, S.Ag., M.Si. Selanjutnya, para peserta PPL IH UIN SMH Banten mendapat pengarahan dari tim kelas menulis, dan dilanjutkan materi dan bimbingan menulis artikel ilmiah. [A. Hidayat]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top