Membanggakan! Tiga Mahasiswa FUDA UIN SMH Banten Jadi Pemakalah pada 7th Panel Conference of JRS 2023

FUDA | Jumat, 24/11/2023– Alya Syarifah, Sulistiawati Taning Asih, dan Sarifudin merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Fakultas Ushuluddin dan Adab, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten yang lolos dalam seleksi pemakalah pada kegiatan 7th Panel Conference of JSR 2023. Konferensi ini diselenggarakan pada 24 November 2023 di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kegiatan dengan tema “Reconsidering Peaceful Transformation” menghadirkan Dr. Agus Fakhrina (UIN Pekalongan), Dr. Muh. Najib Asca (Univeritas Gajah Mada), dan A. Zainal Arifin, PH. D (Editor in Chief Jurnal Sosiologi Reflektif). Serta beberapa reviewer dari beberapa jurnal terakreditasi.

Alya, Sulis, dan Sarif, menyampaikan sesi panel dengan mengangkat judul yang berbeda. Alya menjadikan tema Youth & Lifestyles sebagai konsen penelitiannya dengan mengangkat judul “Childfree in the Perspective of Religions Reviewed in the sustainability of human Civilization”. Sedangkan Sulis dan Sarif menjadikan tema Religion & Tradition sebagai fokus penelitiannya. Sulis sendiri mengangkat judul “The Local Wisdom and Cultural Interpretation The meaning Verses of Purnama Holy Water in Lontar Tirtayasa, Serang Banten”, dan sarif mengangkat judul “Religion and the Environmental Agenda, Study of Religious Comunities in Indonesia in Overcoming Enviromental Problems”.

Tiga mahasiswa FUDA UIN SMH Banten ini memang sebelumnya telah mendapatkan  bimbingan serta motivasi khusus dari para pembimbing. Ketiganya juga sering mengikuti pelatihan kepenulisan jurnal yang diselenggarakan oleh Fakulas Ushuluddin dan Adab, dan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Bekal yang mereka dapatkan akhirnya mengantarkan mereka kepada event 7th Panel Conference of JRS 2023 hingga lolos seleksi sebagai pemakalah pada acara tersebut.

7th Panel Conference of JRS 2023 yang diselenggarakan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan ini diikuti oleh akademisi dari berbagai universitas baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Oleh karenanya, kehadiran 3 mahasiswa FUDA UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten ini menjadi kebanggan tersendiri bagi civitas akademika UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, khususnya Prodi IAT. [Sulis, dkk]

 

Scroll to Top