Penghujung Tahun 2021, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis Gelar Gebyar Hadis

KH. Muhammad Robi Uzt, Lc., MH sedang mengisi Seminar dengan tema Aktualisasi Hadis di Era Digital

Serang-fuda- Mengakhiri tahun 2021, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis menggelar acara Gebyar Hadis 2021 pada Kamis – Jum’at, (16-17/12/2021). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Syadeli Hasan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Kegiatan yang digelar oleh Bidang Internal Pengurus HMJ Ilmu Hadis meliputi kegiatan Seminar yang mengusung tema “Aktualisasi Hadis di Era Digital”. Pada kegiatan seminar tersebut menghadirkan KH. Muhammad Robi Uzt, Lc., MH atau yang lebih dikenal Gus Robi sebagai Ketua Tanfidhiyah PCNU Kabupaten Serang.

Gus Robi berpesan Mahasiswa merupakan Generasi emas , kita di era digital telah mengalami berbagai lompatan-lompatan yang terduga dan bahkan yang tidak terduga sehingga bagi orang yang berakal harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan dengan zaman.

Turut juga dalam pembukaan acara dihadiri Sekretaris Jurusan Ilmu Hadis, Salim Rosyadi menuturkan, bahwa kegiatan ini relevan dengan konteks era 4.0 yang mengharuskan mahasiswa mampu menerjemahkan kecerdasan digital itu dapat terintegrasi dengan berbagai hal, termasuk dalam hadis yang berbasis digital.

“Sekarang dakwah secara lisan saja tidak cukup, tapi harus masuk dengan dakwah bilmedsos, ini sebab sebagian besar masyarakat di Indonesia memiliki media sosial yang harus kita isi dengan konten-konten yang mengajak kepada kebaikan perspektif hadis..” tuturnya.

Selain menggelar seminar, acara ini dimeriahkan juga dengan perlombaan Musabaqah Qira’atil Kutub, Kaligrafi Kontemporer, Musabaqah Hifdzil Hadis serta pemilihan duta ilmu hadis tahun 2021.

“Kitab yang digunakan adalah Kitab Fathul Qorib, dan hifdzil hadis yaitu Hadis Arba’in An-nawawi. Ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa ilmu hadis dan ajang silaturahim berbagai elemen mulai dari pelajar, mahasiswa dan umum”. Tutur Wahyu, ketua HMJ Ilmu Hadis.

Sebagaimana diketahui, perlombaan – perlombaan yang di selenggarakan bersifat khusus dan umum, diikuti oleh berbagai elemen dan lapisan mulai dari pelajar, mahasiswa dan umum serta yang bertugas menjadi juri merupakan tokoh yang mempuni di bidangnya masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top