Peresmian Operasional Mobil Perpustakaan Keliling di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

FUDA | (20/05/2024) – Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten resmi meluncurkan operasional mobil perpustakaan keliling sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar. Acara peresmian yang berlangsung di kampus UIN SMH Banten ini dihadiri oleh berbagai Civitas Akademika, termasuk Rektor Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd, dan para dekan fakultas.

Kepala UPT Perpustakaan UIN SMH Banten, Dr. Muhammad Shoheh, M.A., menjelaskan bahwa mobil perpustakaan ini telah diterima sejak tahun lalu dan baru mulai dioperasionalkan pada hari ini. “Mobil ini sudah kita terima dari tahun lalu, dan hari ini mulai kita operasionalkan. Hal ini dilatarbelakangi bahwa, negara kita kan mengagendakan 10 tahun yang akan datang menyambut Indonesia Emas. Namun, berdasarkan data terakhir yang saya ketahui, literasi membaca dari kaum anak muda masih sedikit, bahkan menurun. Hal ini tentunya menjadi pemicu bagi kami untuk terus menggelorakan minat baca dari kalangan mahasiswa UIN Banten,” jelas Dr. Muhammad Shoheh.

Mobil perpustakaan keliling ini akan memulai operasionalnya di tiap pelataran fakultas terlebih dahulu dan nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa UIN Banten untuk program-program peningkatan literasi di daerah pelosok atau tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata). Mekanismenya, mahasiswa dapat mengajukan permintaan melalui LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) yang kemudian akan diteruskan ke UPT Perpustakaan untuk tindakan selanjutnya.

Selain itu, acara peresmian ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FADA), Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA), Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), serta jajaran dari UPT Perpustakaan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor UIN SMH Banten, Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd., menekankan pentingnya literasi di era digital dan kemajuan teknologi. “Kita harus dapat menguasai bidang tersebut yang diiringi dengan langkah adab yang terdidik. Selain itu, saya mendorong setiap kita, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Perpustakaan, apalagi mahasiswa agar memiliki perpustakaan pribadi, dalam rangka mempercepat menyongsong Indonesia Emas,” ungkap Rektor dalam sambutannya.

Rektor juga memberikan apresiasi positif kepada UPT Perpustakaan yang telah berhasil mendapatkan bantuan mobil operasional dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. “Ini adalah langkah yang sangat baik dan saya berharap mobil perpustakaan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum,” tambah Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin. [Z. Ihya]

Scroll to Top