Tantangan dan Insersi Moderasi Beragama dalam Kurikulum FUDA

FUDA | Kamis (02/05/2024) – Pada hari Kamis, 02 Mei 2024, Fakultas Ushuluddin dan Adab menggelar seminar Moderasi Beragama Bagi Dosen. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan. Selain sebagai tuntutan IKU, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendiskusikan tantangan serta metode pembelajaran moderasi beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), terutama di Fakultas Ushuluddin dan Adab, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Acara ini berlangsung di ruang Sidang FUDA Lantai 2, yang dihadiri oleh seluruh dosen FUDA.

Acara seminar dibuka oleh Dekan FUDA, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., beliau menyampaikan bahwa seminar ini sangat penting dilaksanakan.
“Seminar moderasi beragama mengingatkan kembali akan pentingnya nilai nilai kemoderatan, dan upaya mengintegrasikannya dalam kurikulum yang ada di FUDA”, ucap pak Dekan dalam sambutannya.

Narsumber utama seminar adalah Prof. Arif Zamhari, M.Ag., P.hD., yang merupakan pakar dalam bidang moderasi beragama. Prof. Arif membahas tema yang relevan, yaitu “Tantangan dan Metode Pembelajaran Moderasi Beragama dalam Perkuliahan di PTKI”. Diskusi yang digelar bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengintegrasikan prinsip moderasi beragama ke dalam kurikulum akademik dan pengajaran di lingkungan PTKI, terutama di Fakultas Ushuluddin dan Adab, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Bapak Salim Rosyadi, M.Ag., bertindak sebagai moderator acara, memastikan kelancaran jalannya diskusi serta interaksi yang berlangsung antara narsumber dan peserta seminar.

Turut hadir dalam acara ini adalah Ketua Lembaga Moderasi Beragama UIN SMH Banten, Dr. H. Dede Permana, M.A. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif FUDA dalam menggelar seminar ini, serta menyatakan pentingnya memperkuat pendekatan moderasi beragama di lingkungan akademik.

Diskusi yang berlangsung cukup interaktif, dengan peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi tentang strategi konkrit dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan agama di PTKI.

Seminar ini menjadi momentum penting bagi para dosen FUDA untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menerapkan moderasi beragama dalam konteks pengajaran, serta untuk terus berkolaborasi dalam mengembangkan pendekatan yang inklusif dan harmonis dalam pembelajaran keagamaan.[A. Hidayat]

Scroll to Top