Kegiatan Pelatihan Penelitian Sejarah Tingkat Dasar dan Menengah (PPSTDM) Prodi Sejarah Peradaban Islam UIN SMH Banten

Serang – Jum’at, 02 Desember 2022 Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten gelar PPSTDM (Pelatihan Penelitian Sejarah Tingkat Dasar dan Menengah) Tahun 2022. Kegiatan rutin tahunan yang memang menjadi agenda wajib di Prodi Sejarah Peradaban Islam untuk peningkatan keahlian mahasiswa itu sendiri terutama dalam hal penelitian sejarah. Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini yaitu “Aktualisasi Mahasiswa Sejarah Dalam Mewujudkan Sejarawan Yang Berbudaya, Intelektual dan Humanis”.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini dimulai sejak Jumat 2 Desember hingga Minggu 4 Desember tahun 2022 dengan agenda kegiatan yang tentunya pengetahuan mengenai penelitian sejarah seperti dilakukan pembekalan sebelum melakukan penelitian melalui materi-materi yang disampaikan beberapa dosen Sejarah Peradaban Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penelitian pada situs-situs bersejarah di Banten Lama, Banten Girang, Danau Tasikardi, Vihara Avolekitesvara, Keraton Kaibon, Keraton Surosowan dan Benteng Spelwijck yang tentunya akan dipandu langsung oleh para pamong dilapangan dan panitia pelaksana dari himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) SPI.

Dalam Kegiatan PPSTDM ini diikuti oleh sekitar 117 peserta yang terdiri dari seluruh mahasiswa semester 1 prodi Sejarah Peradaban Islam yang pada dasarnya dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pengenalan terhadap onjek-objek kajian sejarah pada mahasiswa baru prodi Sejarah Peradaban Islam tahun 2022.

Selamjutnya, Kegiatan ini dibuka langsung oleh sekretaris Program Studi Sejarah Peradaban Islam yaitu bapak M. Nandang Sunandar, M.A. mewakili Ketua Program Studi Sejarah Peradaban Islam, dalam sambutannya Sekprodi Sejarah Peradaban Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyampaikan “bahwa melalui pengenalan penelitian sejarah ini bertujuan untuk mengenalkan bagaimana cara pemilihan sumber sejarah yang baik dan bagaimana cara penelitian sejarah yang sesuai. Kemudian ia juga berpesan agar peserta fokus dan serius dalam kegiatan PPSTDM ini dengan sebaik mungkin”. (Leni)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *