C01211675

Metodologi Penelitian Tasawuf

Campus
Kampus 2
Level
Sarjana (S1)
Semester
6
Method
Luring

Mata Kuliah ini dibahas tentang beberapa metode atau pendekatan yang biasa dipakai dalam kajian atau tema Tasawuf. Pendekatan Fenomenologi untuk mengetahui substansi pemikiran seorang sufi, pendekatan sejarah untuk menjelaskan biografi tokoh sufi, pendekatan filologi untuk kajian teks Tasawuf, dll. Mahasiswa diminta mereview penelitian (skripsi) dengan tema Tasawuf.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Bidang Sikap dan Tata Nilai

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  2. Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri.

Bidang Pengetahuan

  1. Mampu memformulasikan permasalahan keagamaan (Islam) berdasarkan konsep yang terkait dengan bidang filsafat, kalam, tasawuf, sosial dan politik.

Bidang Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Bidang Keterampilan Khusus

  1. Mampu merancang dan melakukan penelitian dengan metodologi yang benar khususnya terkait dengan bidang Ilmu Tasawuf.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, prinsip dan etika dalam penelitian Ilmu Tasawuf.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berbagai pendekatan dalam penelitian Ilmu Tasawuf.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan masalah, hipotesa dan kerangka teori dalam penelitian Ilmu Tasawuf.
  4. Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah data dan menginterpretasi hasilnya secara logis dan sistematis.
  5. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dan mempresentasikannya