Sejarah Fakultas

Gedung FUDA

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 1997 tanggal 21 Maret 1997, Fakultas Syari’ah IAIN Sunan Gunung Djati Serang berubah statusnya menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, yang bertempat di Kota Serang.

Setelah Banten berubah menjadi provinsi, berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2000, terjadi pula alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, perubahan ini berdasarkan Keputusan Presiden nomor 91 tahun 2004 tanggal 18 Oktober 2004.

Kemudian berdasarkan Keppres No. 39 Tahun 2017 tentang perubahan bentuk dari IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Setelah itu terjadilah pemekaran Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Ushuluddin dan Adab serta Fakultas Dakwah. Fakultas Ushuluddin dan Adab terdiri atas lima jurusan dan Fakultas Dakwah dengan tiga jurusan. Jurusan yang berada pada Fakultas Ushuluddin dan Adab adalah Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT), Sejarah Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Ilmu Hadis (IH). Setelah itu pada tahun 2021 berdiri Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII).

Program Studi

Aqidah dan Filsafat Islam

Visi Keilmuan

Menjadi prodi yang unggul dalam integrasi keilmuan di bidang ilmu-ilmu keaqidahan dan kefilsafatan serta responsif terhadap perkembangan masyarakat.

Misi Keilmuan

  1. Terwujudnya Lulusan yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Karimah;
  2. Terwujudnya Penelitian Ilmu Aqidah, Filsafat Islam yang Inovatif dan Integratif;
  3. Terlaksananya Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat yang Transformatif Berbasis Nilai Keislaman; dan
  4. Terlaksananya Kerjasama yang Produktif dan Kompetitif dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal.
  • Pemikir Keagamaan: Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai pemikir keagamaan dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan serta menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

  • Analis dan konsultan masalah sosial keagamaan:  Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai analis dan konsultan masalah keagamaan Islam, mampu memetakan, dan menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, mampu menerapkan konsep-konsep teolgis dan filosofis sebagai solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah sosial keagamaan baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama, serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

  • Asisten peneliti bidang akidah, filsafat dan sosial keagamaan: Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai asisten peneliti dalam bidang akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

  • Pekerja Sosial dan Enterpreneur: Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai pekerja sosial dan enterpreneur, yang mampu memetakan dan mencari solusi atas masalah-masalah sosial baik baik masalah yang timbul berkaitan dengan keagamaan maupun kebudayaan.

Bahasa dan Sastra Arab

Visi Keilmuan

Program studi yang unggul dalam pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Arab dengan mengintegrasikan tradisi dan tantangan kontemporer yang berwawasan global.

Misi Keilmuan

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dengan pendekatan integrasi-interkoneksi;
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nasional dan media populer;
  3. Menginisiasi Program Pengabdian Masyarakat yang berbasis keilmuan dan Profil Lulusan BSA;
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi terutama dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab (BSA);
  5. Menyelenggarakan tata kelola dan pelayanan akademik yang transparan dan akuntabel.
  • Peneliti Bahasa Arab:Menjadi peneliti bahasa Arab yang mampu melaksanakan penelitian di bidang bahasa Arab dengan menerapkan teori-teori penelitian dan keilmuan bahasa Arab sesuai dengan perkembangan di era global serta memiliki kepribadian luhur berlandaskan ajaran Islam;

  • Peneliti Sastra Arab:Menjadi peneliti kesusasteraan Arab yang mampu melaksanakan penelitian di bidang kesusasteraan Arab dengan menerapkan teori-teori penelitian dan kesusasteraan Arab sesuai dengan perkembangan di era global serta memiliki kepribadian luhur berlandaskan ajaran Islam;

  • Penerjemah: Menjadi Penerjemah yang mampu menerjemahkan berbagai teks bahasa Arab dengan menggunakan kaidah-kaidah penerjemahan serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam;

  • Instruktur Bahasa Arab : Menjadi tenaga pendidik dalam pengajaran Bahasa Arab di lembaga pendidikan didukung dengan teori pembelajaran Bahasa Arab yang efektif serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam.

Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Visi Keilmuan

Unggul, terkemuka dan integratif dalam bidang pengkajian dan pengembangan Ilmu Alquran dan Tafsir.

Misi Keilmuan

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir dengan pendekatan integrasi-interkoneksi.
  2. Melakukan penelitian dengan pendekatan Tafsir dalam rangka pengembangan keilmuan dan kemasyarakatan.
  3. Meningkatkan peran serta program studi dalam bidang Ilmu Alquran dan Tafsir bagi masyarakat.
  4. Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri.
  • Praktisi Perpustakaan dan Sistem Informasi;

  • Akademisi dan Peneliti Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam;

  • Praktisi Pengelola Dokumen dan Arsip;

  • Information Specialist dan Analis Informasi Digital

  • Enterpeuner Bidang Perpustakaan dan Informasi

Ilmu Hadits
Visi Keilmuan

Unggul, terkemuka dan integratif dalam bidang pengkajian dan pengembangan Ilmu Hadis.

Misi Keilmuan
  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu Hadis dengan pendekatan integrasi-interkoneksi.
  2. Meningkatkan penelitian dalam bidang Ilmu Hadis yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ilmiah.
  3. Meningkatkan peran serta program studi dalam bidang Ilmu Hadis bagi masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi terutama dalam bidang Ilmu Hadis.
  5. Menyelenggarakan manajerial dan tata kelola yang profesional dan akuntabel.
  • Muhaddis Pemula: Menguasai terori-teori hadis secara umum, mampu membedakan antara hadis sahih, hasan dan dha’if, serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang ada dalam hadis ke dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Peneliti/Pegiat Hadis:  Mampu meneliti bidang sosial keagamaan dengan berbagai metode atau pendekatan, di antaranya pendekatan Living Hadis/Sunnah.

  • Guru: Mampu mengajar bidang hadis khususnya atau bidang agama pada umumnya secara kompetitif. Sebelum menjadi guru, alumni diharuskan mengambil PPG (Pendidikan Profesi Guru).

  • Penyuluh Agama: Mampu memberikan penyuluhan agama di tingkat desa atau kecamatan, baik negeri maupun swasta.

  • Enterpreneur: Mampu berusaha di bidang swasta dengan nilai-nilai hadis Nabi SAW, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Sejarah dan Peradaban Islam

Visi Keilmuan

Terwujudnya prodi yang unggul dalam Pengkajian Sejarah Peradaban Islam berbasis kearifan lokal dan Keindonesiaan.

Misi Keilmuan

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran Sejarah Peradaban Islam yang bermutu dan profesional;
  2. Melaksanakan penelitian bidang keilmuan Sejarah Peradaban Islam yang berkualitas;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan basis bidang keilmuan Sejarah Peradaban Islam;
  4. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam hal pengkajian dan riset Kesejarahan dan Peradaban Islam; dan
  5. Melaksanakan tata kelola jurusan yang transparan dan akuntabel.
  • Peneliti Sejarah: Menjadi peneliti sejarah yang mampu melaksanakan penelitian dibidang sejarah dengan menerapkan teori-teori penelitian dan keilmuan sejarah perdaban Islam serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam;

  • Pegiat Sejarah: Menjadi pegiat sejarah dalam menjaga dan melestarikan serta menerangkan aspek sejarah dan kebudayaan lokal melalui teori dan praktikum kesejarahan/kebudayaan serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam;

  • Tenaga Pendidik Sejarah Peradaban Islam: Menjadi tenaga pendidik dalam pengajaran sejarah peradaban Islam dan sejarah peminatan di lembaga pendidikan didukung dengan teori pembelajaran yang efektif serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam.

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Visi Keilmuan

Menjadi Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam yang menghasilkan sarjana yang unggul dan profesional dalam bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi yang berwawasan global dalam kearifan lokal.

Misi Keilmuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkolaborasi dengan berbagai displin ilmu dengan mengedepankan kompetensi, profesional, integrasi keilmuan yang berbudaya, agamis, unggul, terampil dan memiliki integritas serta berkualitas global;
  2. Melaksanakan penelitian di bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan mengedepankan kolaborasi keilmuan yang unggul dan profesional dalam berwawasan global;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan peningkatan hidup masyarakat dan kemandirian dalam kolaborasi keilmuan perpustakaan, arsip dan dokumentasi;
  4. Melaksanakan kerja sama secara berkesinambungan dengan berbagai mitra kerja lokal, nasional dan internasional untuk peningkatan daya saing program studi yang berwawasan global.
  • Peneliti Bahasa Arab:Menjadi peneliti bahasa Arab yang mampu melaksanakan penelitian di bidang bahasa Arab dengan menerapkan teori-teori penelitian dan keilmuan bahasa Arab sesuai dengan perkembangan di era global serta memiliki kepribadian luhur berlandaskan ajaran Islam;

  • Peneliti Sastra Arab:Menjadi peneliti kesusasteraan Arab yang mampu melaksanakan penelitian di bidang kesusasteraan Arab dengan menerapkan teori-teori penelitian dan kesusasteraan Arab sesuai dengan perkembangan di era global serta memiliki kepribadian luhur berlandaskan ajaran Islam;

  • Penerjemah: Menjadi Penerjemah yang mampu menerjemahkan berbagai teks bahasa Arab dengan menggunakan kaidah-kaidah penerjemahan serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam;

  • Instruktur Bahasa Arab : Menjadi tenaga pendidik dalam pengajaran Bahasa Arab di lembaga pendidikan didukung dengan teori pembelajaran Bahasa Arab yang efektif serta memiliki kepribadian luhur sesuai ajaran Islam.

Scroll to Top