C01211125

Penguatan Aqidah

Campus
Kampus 2
Level
Sarjana (S1)
Semester
1
Method
Luring

Mata Kuliah Penguatan Aqidah merupakan mata kuliah Prodi Aqidah Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Secara umum mata kuliah Penguatan Aqidah membahas tentang Pengertian dan urgensi ilmu aqidah, Sejarah lahirnya ilmu aqidah, Pengertian rukun iman dan enam rukun iman, Hikmah mempelajari dan mengimani rukun iman, Pengertian Kalimat Tauhid, Nabi Ibrahim as bapak tauhid, Hikmah meyakini kalimat tauhid, Pengertian kalimat Thayyibah, Macam-macam kalimat thayyibah, Keutamaan dan hikmah membaca kalimat thayyibah, Pengertian asmaul husna, 99 asmaul husna, Keutamaan dan hikmah membaca asmaul husna.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Bidang Sikap dan Tata Nilai

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada pemahaman nilai-nilai keyakinan ajaran agama Islam yang tidak saja sesuai dengan nila-nilai yang terkandung di dalam Alquran dan Hadis Nabi tetapi juga kompatibel dengan nilai-nilai nasional dan nilai-nilai global, dan kemajuan kebudayaan Islam dan nasional.

  2. Mencerminkan sikap Muslim yang beriman kepada Allah SWT dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai ajaran tauhid dan nilai-nilai etika Islam serta nilai-nilai Pancasila.

  3. Menginternalisai nilai-nilai Ilmu Kalam sehingga menjadi insan akademis dan insan sosial yang berkomitmen terhadap keyakinan tauhid dan memiliki tanggung jawab relijius dan sosial terhadap perkembangan dan kemajuan bangsa dan bernegara.

  4. Memiliki tanggung jawab intelektual dalam menganalisis masalah keagamaan terutama yang menyangkut persoalan keyakinan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kengeraan serta mampu mengatasai persoalan yang berkembang dimasyarakat dan memberikan solusi dari permasalahan keyakinan, keagamaan, kemasyarakatan dan kenegaraan.

Bidang Pengetahuan

  1. Mampu menganalisis dasar historis atau latar belakang munculnya ilmu Kalam.
  2. Mampu menganalisis sejarah perkembangan Ilmu kalam secara komprehensif dan faktual.
  3. Mampu mengidentifikasi karakteristik Ilmu Kalam.
  4. Mampu membandingkan persamaan dan perbedaan anatara Ilmu kalam, Filsafat Islam dan Tasawuf.
  5. Menguasai pengetahuan tentang aliran kalam dan pemikiran kalamnya.
  6. Menguasai pengetahuan tentang perbedaan dan persamaan antara aliran kalam secara holistik dan tepat.
  7. Menguasai pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan antar sekte dalam aliran kalam secara
    holistik dan tepat.
  8. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar Ilmu Kalam secara holistik dan tepat.
  9. Menguasai pengetahuan tentang pengaruh unsur asing terhadap Ilmu Kalam holistik dan tepat.

Bidang Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan
    atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai akidah Islam sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji dan mengkritisi perkembangan paham dan keyakinan yang muncul dan berkembang di tengah-tengah masyarakat berdasarkan nilai-nilai akidah Islam menurut kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka nebghasilkan solusi, gagasan, desain dan kritik seni.

Bidang Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung-jawab dengan menjadikan nilai-nilai akidah Islam yang responsif terhadap nilai-nilai keindonesiaan dan kemodernan atau kekontemporeran.

  2. Mampu mengimplementasikan pandangan-pandangan kalam kontemporer dalam realitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta interaksi warga negara dalam dunia internasional.

  3. Mampu menyusun desain-model penegakkan pandangan-pandangan kalam kotemporer dan nilai-nilai kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, sejarah, dan karakteristik Ilmu Kalam.
  2. Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar Ilmu Kalam dan pengaruh unsur asing.
  3. Mampu memahami karakteristik dan metodologi pemikiran Ilmu Kalam.
  4. Mampu memahami aliran serta pemikiran dalam Ilmu Kalam.