Mewujudkan Budaya Akademik, FUDA UIN SMH Banten Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal Bagi Mahasiswa Tahun 2024

FUDA | Rabu, 08/05/2024 – Pelatihan Penulisan Jurnal (PESANJU) Bagi Mahasiswa Kembali dilaksanakan Fakultas Ushuluddin dan Adab. Kegiatan ini menjadi salah satu program kegiatan unggulan FUDA, karena memiliki pengaruh yang besar untuk mewujudkan budaya akademik di FUDA UIN SMH Banten. Bukan hanya itu, Dekan FUDA berkomitmen mendorong mahasiswa untuk aktif menulis dan menerbitkan artikel jurnal di berbagai jurnal terakreditasi Sinta, hal ini akan berdampak pada nilai tambah akreditasi program studi.

PESANJU dilaksanakan pada hari Senin, 06 – Rabu, 08 Mei 2024 di ruang sidang FUDA, lantai 2. Sebanyak 22 mahasiswa FUDA dari enam program studi terpilih menjadi peserta PESANJU. Mereka akan mendapat materi sekaligus mendapat bimbingan dari narsumber yang ahli dibidangnya.

Dr. Nurul Huda, M.A., menjadi narasumber yang merupakan seorang penulis produktif di media cetak maupun digital. Beliau juga merupakan Ketua Bidang Penelitian FKPT Kab. Lebak. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimilikinya, Dr. Nurul Huda dapat memberikan wawasan serta keterampilan praktis kepada para mahasiswa dalam menulis jurnal akademik yang baik dan benar. Selain Dr. Nurur Huda, M.A., para dosen FUDA juga turut menyampaikan materi penulisan artikel jurnal, di antaranya adalah Bapak Dr. Sholahuddin Al-Ayubi, M.A., Hatta Raharja, M.A., Hadian Rizani, M.Hum., Salim Rosyadi, M.Ag., Verry Mardiyanto, M.A., M. Nandang Sunandar, M.Hum., dan Angga Pusaka Hidayat, M.Hum.

Dekan FUDA, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag. membuka langsung acara PESANJU. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Penulisan artikel jurnal adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa untuk menunjang karir akademik, sehingga harus serius mengikuti kegiatan ini. Jadi, saya berharap, melalui pelatihan ini, mahasiswa dapat lebih terampil dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah.” ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mahasiswa FUDA dapat meningkatkan kualitas tulisan mereka dan lebih aktif berkontribusi dalam publikasi ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional. [A. Hidayat]

Scroll to Top