Pembinaan Mahasiswa Berprestasi

Pembinaan Mahasiswa Berprestasi

Serang, 7 Juni 2022.

Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, melaksanakan kegiatan Pembinaan Mahasiswa Berprestasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 07 Juni 2022 di Laboratorium Multimedia FUDA. Tema yang diangkat dalam pembinaan ini adalah “Moderasi Beragama dalam Bingkai Keislaman.”

“Adanya kegiatan pembinaan ini, adalah sebagai persiapan untuk menghadapi kegiatan KINMU (Kompetisi Ilmiah Nasional Mahasiswa Ushuluddin). Terdapat 7 PTKIN dari berbagai pulau yang bergabung dalam kegiatan KINMU ini. “KINMU ini penting untuk menguji kemampuan mahasiswa Ushuluddin.”Ujar Dekan FUDA Bapak Dr. Mohammad Hudaeri, M.Ag. dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan Pembinaan Mahasiswa Berprestasi.

Kegiatan Pembinaan diikuti oleh 55 calon peserta lomba. Para calon peserta diseleksi langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Bapak Dr. H. Aang Saeful Milah, M.A. Sedangkan Narasumber kegiatan Pembinaan adalah Bapak H. Abdu Rohman, Lc., ME. Beliau merupakan Alumni Al-Azhar Kairo Mesir.

Kegiatan ini dimulai pada Pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Para peserta pembinaan sangat antusias mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber. Karena bukan hanya pembahasan terkait moderasi beragama saja, Bapak Abdu Rohman juga memberikan banyak motivasi untuk para peserta lomba agar semangat meraih juara.

“Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum menempuh jalan kesuksesan adalah dengan meningkatkan keimanan kita. Mendekat kepada Allah, dan benarkan niat kita untuk ibadah. InsyaAllah, Allah akan mudahkan segala tantangan yang kita hadapi.” Ucap Bapak Abdu Rohman.

Selain itu, Bapak Abdu Rohman juga menyampaikan beberapa hal penting untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi. Ada delapan hal yang perlu mahasiswa lakukan. Diantaranya adalah, meningkatkan keimanan, menguatkan Ukhuwah, Menambah knowledge (pengetahuan), sehat akal dan badan, berani ambil keputusan, bersaing dengan sportif, positive thinking, dan bermanfaat untuk orang lain.

Di akhir sesi, peserta pembinaan mendapatkan motivasi tambahan dari dua narasumber, yaitu Bapak Zulkifli Reza Fahmi, MS., merupakan Alumni International Islamic University of Islamabad, Pakistan; dan ibu Wina Sumiati, M.His., merupakan alumni the Australian National University, Canbera. Saat kegiatan berlangsung, mahasiswa peserta pembinaan terlihat semakin bersemangat meraih prestasi.

Sebelum penutupan kegiatan, Bapak Wakil Dekan 3 FUDA menyeleksi para peserta yang dapat mengikuti lomba KINMU. Hasilnya, 35 mahasiswa yang lolos seleksi untuk tampil di 20 cabang lomba KINMU. [Apit]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top