Kampus 1
Kampus 1
Kampus 2
Jl. Jendral Sudirman No.30. Serang - Banten 42118 Senin-Jumat (08.00 - 16.00 WIB)
Jl. Syekh Nawawi Al-Bantani No. 1. Serang - Banten 42171 Senin-Jumat (08.00 - 16.00 WIB)

Prodi IAT UIN SMH Banten Gelar Orientasi Praktikum Profesi Lapangan (PPL) Bertema Al-Qur’an, Masyarakat, dan Transformasi Digital di Banten dan Indonesia

FUDA I Senin (23 September 2024) –

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sukses menyelenggarakan Orientasi Praktikum Profesi Lapangan (PPL) dengan tema “Al-Qur’an, Masyarakat, dan Transformasi Digital di Banten dan Indonesia”.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin dan Adab dan diikuti oleh 135 mahasiswa semester 7 yang akan melaksanakan PPL di berbagai pondok pesantren dan lembaga keagamaan di wilayah Serang, Banten.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting fakultas, termasuk Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Mohamad Hudaeri, M. Ag., Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Bapak H. Endang Saeful Anwar, Lc., M.A., serta Sekretaris Jurusan, Bapak Hikmatul Luthfi, MA. Hum bersama dosen dan tenaga kependidikan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi IAT, H. Endang Saeful Anwar, Lc., M.A., menegaskan pentingnya PPL sebagai kegiatan wajib bagi mahasiswa semester 7. Ia mengatakan “bahwa tujuan dari PPL ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam meneliti di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir secara profesional, serta mempersiapkan mereka menjadi peneliti dan mufasir pemula yang berkompeten”.

“Peserta PPL akan diterjunkan ke 10 pondok pesantren di wilayah serang, Banten untuk mempraktikkan dan mengembangkan keilmuan mereka di bidang Al-Qur’an dan Tafsir. Selain menghasilkan laporan kegiatan, mereka juga diharapkan mampu menyusun karya ilmiah berupa artikel atau buku yang ber-ISBN,” jelas bapak H. Endang Saeful Anwar, Lc., M.A., yang juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag. menyampaikan harapannya agar mahasiswa mampu beradaptasi dengan transformasi digital yang berkembang pesat. “PPL ini adalah momen penting bagi mahasiswa untuk tidak hanya berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui pesantren, tetapi juga untuk menggunakan media digital sebagai sarana penyebaran nilai-nilai Al-Qur’an yang relevan dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Leave a Reply