Beda Budaya dan Bahasa, Mahasiswa FUDA UIN Banten di Sambut Hangat Mahasiswa Fakultas Ilahiyat Sakarya, Turki

FUDA | Jumat (07/04/2023) – Lima mahasiswa FUDA UIN SMH Banten melaksanakan student mobility ke Fakultas Ilahiyat, Universitas Sakarya Turki. Ahmad Najid Rasikhullah, Eep Saefullah, Hengki Permana, Fauzan Adzima, dan Muhammad Rama Saputra, disambut hangat oleh mahasiswa Fakultas Ilahiyat, Universitas Sakarya Turki.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 07-08 April ini menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa FUDA. Perbedaan budaya dan Bahasa, bukan sebuah pemisah untuk menjalin keakraban dengan mahasiswa Fakultas Ilahiyat, Universitas Sakarya Turki.

Momen Keakraban, Mahasiswa Banten dan Sakarya (Sumber: Media Fuda)

“Kami mendapat kawan baru di Turki, yaitu Bahri, Omar, dan Muhamad. Mereka mengajak kami berkeliling lingkungan Fakultas Ilahiyat. Mereka menunjukkan ruangan kelas, ruang dosen, ruang dekan, musala, ruang teater, ruang olahraga, perpustakaan, kantin, taman, bahkan sampai ke sungai atau biasa mereka sebut Buhair Sapanca.” Terang Ahmad Najid.

“Ketiga mahasiswa Fakultas Ilahiyat ini dalam pandangan kami adalah circle yang energik dan humoris. Mereka merespon perkataan kami yang terkadang asing bagi mereka dengan hal yang lucu, dan kami juga merespon hal serupa ketika mendengar istilah asing yang mereka sampaikan. Hal itulah yang membuat pecah gelak tawa kami. Sehingga merasa akrab seperti bertemu teman yang lama tidak bertemu.” Ungkap Eep.

Ahmad Najid mengatakan bahwa mahasiswa Sakarya suka sekali jika dosen mengajar di luar ruangan seperti di taman. Meskipun langit cerah di siang bolong, mahasiswa Universitas Sakarya Turki tidak merasa panas. Sehingga mereka tetep menikmati pembelajaran di luar kelas, walaupun di bawah sinar matahari langsung. [ANR]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top