Review Proposal Penelitian dan Pengabdian Kolaborasi 2023

FUDA | Senin, 08/05/2023 – Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta pengabdian masyarakat, Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten telah mengalokasikan dana bantuan penelitian dan pengabdian kolaborasi dosen dengan mahasiswa pada tahun anggaran 2023. Tentu saja dana yang tersedia tidak dapat membiayai seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian dosen di lingkungan FUDA UIN SMH Banten. Oleh karena itu perlu dilakukan seleksi.

Sebagai bagian dari upaya menjaga akuntabilitas serta mutu penelitian dan pengabdian, pada Senin, 8 Mei 2023 diadakan kegiatan “Review Proposal Penelitian dan Pengabdian Kolaborasi Dosen dengan Mahasiswa Tahun 2023”. Terdapat enam belas proposal yang direview, masing-masing terdiri atas sepuluh proposal penelitian kolaborasi dan enam proposal pengabdian kolaborasi. Kegiatan review proposal ini melibatkan Dr. H. Syihabudin, M.Si., dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, sebagai reviewer. Dalam pandangan reviewer, hampir semua proposal yang diajukan merupakan proposal yang acceptable. Proposal-proposal tersebut memiliki tema yang menarik, tujuan yang jelas, serta metodologi yang aktual. Selain menyampaikan respon positif, reviewer pun menyarankan agar dilakukan beberapa perbaikan terutama menyangkut keseragaman dan keajegan sistematika penulisan.

Terselenggaranya kegiatan review proposal ini merupakan langkah awal untuk menggairahkan penelitian dan pengabdian, khususnya di kalangan dosen dan mahasiswa FUDA UIN SMH Banten. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan pendahuluan sebelum dihasilkannya publikasi. Mustahil menghasilkan publikasi yang bermutu jika sebelumnya tidak ada penelitian dan pengabdian yang baik. [Angga]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top