Sinergi Pengembangan Lembaga yang Unggul, FUDA Melaksanakan FGD, Benchmarking, Visiting Lecturer dan Review Kurikulum ke FAH UIN SGD Bandung

FUDA | Kamis, 16/11/2023 – Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksanakan serangkaian kegiatan kolaboratif dengan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 14-16 November 2023. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai aspek, di antaranya Focus Group Discussion (FGD), Benchmarking, Visiting Lecturer, dan review kurikulum.

Dekan FUDA UIN SMH Banten, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., disambut hangat oleh Dekan FAH UIN SGD Bandung, Dr. H. Dedi Supriadi, S.Ag, M.Hum. Pertemuan digelar di ruang rapat Dekan FAH UIN SGD Bandung, dan acara dipimpin langsung oleh Dr. H. Dedi Supriadi, S.Ag, M.Hum. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum, serta memperkuat kerja sama antara dua institusi pendidikan tinggi Islam.

Dalam sambutannya, Dr. Mohamad Hudaeri menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara kedua fakultas. “Kerja sama ini bukan hanya sebagai pertukaran pengalaman, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk menciptakan sinergi dalam pengembangan ilmu keislaman dan humaniora di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. H. Dedi Supriadi menekankan pentingnya kolaborasi lintas fakultas untuk mendukung pertumbuhan akademis dan penelitian yang berkesinambungan. “Kami berharap kerja sama ini tidak hanya menjadi acara sekali waktu, tetapi menjadi dasar bagi kolaborasi jangka panjang yang bermanfaat bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.

 

Sambutan Dekan FUDA UIN SMH Banten (Sumber: Media Fuda)
Sambutan Dekan FAH UIN SGD Bandung (Sumber: Media Fuda)

 

Focus Group Discussion (FGD) menjadi salah satu agenda utama dalam rangkaian kegiatan ini. Dekan dan para Wakil Dekan berdiskusi intensif untuk bertukar ide, pengalaman, dan pemikiran terkait pengembangan kurikulum dan penelitian di bidang Adab dan Humaniora.

Selain itu, kegiatan benchmarking dilakukan untuk melihat model dan praktik terbaik yang sudah diterapkan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Rombongan dari FUDA UIN SMH Banten mendapatkan insight berharga terkait manajemen akademis, penelitian, dan pengembangan kurikulum yang dapat diadopsi dan diterapkan di FUDA UIN SMH Banten.

Visiting Lecturer juga menjadi momen berharga dalam kegiatan ini. Dosen-dosen FUDA UIN SMH Banten memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN SGD Bandung. Ini tidak hanya memberikan wawasan baru tetapi juga memperkaya pengalaman akademis bagi kedua belah pihak.

Kegiatan ditutup dengan sesi review kurikulum, di mana para kaprodi FUDA UIN SMH Banten dan para kaprodi di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung saling memberikan masukan dan rekomendasi terhadap kurikulum yang ada. Ini menjadi langkah konkrit dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di kedua fakultas. [A. Hidayat]

 

Galeri Kegiatan

Scroll to Top