Dekan FUDA Membuka Kegiatan Short Course Teknis Penggunaan Aplikasi Pustaka bagi Mahasiswa FUDA

FUDA | Rabu (08/03/2023) – Short Course Teknis Penggunaan Aplikasi Pustaka merupakan kegiatan pelatihan bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Adab dalam menggunakan aplikasi pustaka, atau sering disebut Reference Management Software (RMS). Kegiatan Short Course dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., bertempat di Aula FUDA lantai 2, pukul 09.00 – 10.00 WIB.

“Kita ini sekarang hidup di zaman yang serba ada dan serba canggih. Dua puluh tahun lalu, saya baru menggunakan komputer dengan sistem BIOS. Sekarang semuanya serba canggih. Bahkan sekarang ini sudah hadir aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk munulis daftar referensi. Ini tidak pernah terbayangkan pada masa dulu. Jadi, kalian harus memanfaatkan kemajuan teknologi sekarang dengan sebaik-baiknya, jangan jadul, gitu ya.” Terang Dekan Fuda kepada para peserta dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Narasumber pada kegiatan short course adalah Apit Hidayat, S.Ag., beliau merupakan salah satu editor buku dari penerbit Sirojul Munir Albantani. Materi yang disampaikan adalah bagaimana cara menggunakan aplikasi menejemen referensi bagi mahasiswa. Apit Hidayat menerangkan dua aplikasi menejemen pustaka yang populer digunakan, yaitu Mendeley dan Zotero.

Terdapat 50 peserta yang mengikuti short course yang berasal dari lima program studi pada Fakultas Ushuluddin dan Adab, yaitu AFI, BSA, IAT, IH dan SPI. Setiap prodi diwakili oleh 10 orang peserta. Kegiatan short course dilaksanakan di laboratorium Ilmu Hadis. Alumni short course, mempunyai kewajiban untuk mengajarkan kepada teman-teman di jurusannya tentang cara menggunakan aplikasi pustaka. [AH]

Scroll to Top