Mewujudkan Tendik Berkapasitas, FUDA Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasistas Tenaga Kependidikan

FUDA | Rabu, 01/11/2023 – Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA) di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia bagi Tenaga Kependidikan pada tanggal 01 November 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas tenaga kependidikan FUDA dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tenaga kependidikan dalam mendukung proses akademik di FUDA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dengan peningkatan kapasitas ini, diharapkan fakultas dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan dosen.

Kegiatan yang di pelopori oleh Kepala Bagian Tata Usaha FUDA, Mohamad Rifai, S.Pd.I., M.Si., merupakan kegiatan yang sangat penting. Menurutnya, seiring berjalannya waktu, banyak pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilan baru, sehingga para tenaga kependidikan Fakultas Ushuluddin dan Adab harus meningkatkan keahlian dan keterampilannya, agar dapat memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa dan dosen.

Dekan FUDA, Dr. Mohamad Hudaeri, M.Ag., menyampaikan dalam sambutannya, “Kami percaya bahwa sumber daya manusia yang berkualitas adalah aset terbesar fakultas. Kegiatan ini adalah salah satu upaya kami untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tenaga kependidikan, sehingga mereka dapat berkontribusi lebih baik dalam pengembangan fakultas, terutama dalam pelayanan yang prima.” Ucap Dekan FUDA.

Acara yang berlangsung di Hotel Le Dian, Serang, dihadiri oleh seluruh tenaga kependidikan FUDA, termasuk staf administrasi, perpustakaan, dan bagian-bagian lain yang mendukung fungsi fakultas. Terdapat tiga narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Apit Hidayat, S.Ag., Siti Supiah, S.Si., dan Edi Humaedi, S.E.

Apit Hidayat, S.Ag., memberikan presentasi mengenai cara penulisan berita dan dapat diunggah di website. Beliau membahas tentang pentingnya publikasi kegiatan di website berupa berita. Selain itu, para peserta juga dilatih langsung cara menulis berita yang baik dan benar, sekaligus cara mengunggahnya di website.

Siti Supiah, S.Si., menyampaikan materi tentang penulisan surat yang benar. Dalam presentasinya, beliau menekankan pentingnya tertib administrasi dalam penulisan surat yang harus sesuai aturan yang berlaku. Hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dikuasai oleh para tenaga kependidikan.

Edi Humaedi, S.E., fokus pada aspek laporan kegiatan dan laporan keuangan di lembaga pendidikan. Beliau menjelaskan prinsip-prinsip dasar pembuatan laporan kegiatan dan keuangan yang  efisien dan akuntabel dalam konteks pendidikan.

Setelah presentasi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang topik yang telah disampaikan. Diskusi ini memberikan wadah bagi para tenaga kependidikan untuk berbagi pengalaman dan mencari solusi terbaik untuk permasalahan yang dihadapi dalam tugas-tugas mereka sehari-hari.

Kegiatan ini adalah langkah positif dari FUDA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam memastikan kualitas pendidikan dan pelayanan mereka terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. [AH]

Scroll to Top